1. 5P (Konvensional)
Apakah itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan
dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target
market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol bergantung pada kondisi internal dan
eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut sebagai penggunaan ‘tactical
marketing mix’.
A. Product (Produk)
Product
disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan
didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat
memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan
atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and
development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
B. Price (Harga)
Price
berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan
mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien
Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya
lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya
juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
C. Promotion (Promosi)
Aktivitas
promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan,
promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai
taktik marketing.
D. Place (Tempat)
Place adalah
dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau
didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci
utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan
mudah. Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat
adalah kunci utama taktik marketing Anda.
E.
People (Orang)
People
mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri
Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telah
membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda
juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan
menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda. Pasarkan
bisnis Anda secara kompetitif dengan merekrut orang yang tepat, pelatihan staf
Anda untuk mengembangkan keterampilan mereka, dan mempertahankan staf yang
baik.
2. 7P (commercial)
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang
terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran
(marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah
bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix
perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar
pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi
pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence.
A. Product (The Services)
Produk jasa
merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen,
dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau
jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang
ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang
atau jasa maupun kombinasinya.
B. Price
Penetapan
harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan
penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan
total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus
diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan,
serta persaingan.
C. Place
Tempat atau
lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena
mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental
atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut
dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang
kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik
konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik
tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan
yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur
place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran
juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi
pemasaran
D. Promotion
Promosi merupakan
suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah
pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif
yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara
langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan
kegiatan promosi antara lain :
- Mengidentifikasi
dan menarik konsumen baru
- Mengkomunikasikan
produk baru
- Meningkatkan
jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
- Menginformasikan
kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
- Mengajak
konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
- Memotivasi
konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
E. People
People
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan
karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan
berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam
people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment
of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan
tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian
pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
F. Process
Process, mutu
layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen.
Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka
untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan
harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh
karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan
tempatnya bekerja.
G. Physical Evidence
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter .
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system,
dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi
mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan
ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan
nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa
dengan kelas market khusus.
Sumber Referensi :
1. http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html (4 November 2017)
2. http://besswonomulyo.blogspot.co.id/2014/10/penerapan-5p-dalam-pemasaran.html (4 November 2017)
3. http://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ (4 November 2017)
4. http://www.danisetiawanku.com/2011/01/7-p-dalam-bauran-pemasaran.html (4 November 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar